Selasa, 20 April 2010

Alangkah Kreatifnya Cover Perfilman Indonesia

Bangga sama bangsa kita? Gue jawab “Ia”. Bangga sama keanekaragaman bangsa kita? Gue jawab “Ia” juga. Apa lagi kalo ditanya, bangga sama perfilman Indonesia? Gue pasti jawab “sangat bangga!”. Karna apa? Karna film Indonesia sangat kreatif dan hebat banget dalam urusan mencontoh cover film luar. Gue ga mau bilang semua film Indonesia plagiat. Cuma mau bilang sebagian dari mereka cuma JIPLAK cover film barat atau korea. Ini contohnya.





Cover Film Barat vs Indonesia



























http://cuma-ingin-tahu.blogspot.com/2010/02/cover-film-indonesia-yang-menjiplak.html


Bagus kan karya anak bangsa kita? Bagus bagus banget covernya. Gue sempet geleng geleng kepala pas tau sebagian dari cover itu yang hebatnya bener-bener NIRU sampe segitu miripnya. Sebelom gue bikin review ini, gue bahkan ga tau ada yang mirip sama ‘Ayat-Ayat Cinta', karna itulah kehebatan management perfilman Indonesia dalam hal meniru. Mereka berusaha menutupi sifat jiplaknya dengan menjiplak cover film yang kurang populer. Tapi yang namanya bangke kalo ditutupin kayak gimanapun pasti lama-lama juga kecium baunya, sama aja kayak perfilman Indonesia ini yang akhirnya pada tau juga kalo negri kita ini emang peniru sejati. Jadi jangan protes kalo negara kita ga maju-maju. Mass media yang biasa kita banggakan aja banyak yang mengikuti karya orang atau negara lain dari pada berkarya atas kreatifitas sendiri. Ga cuma cover film, sebagai tambahan ini ada contoh cover album band yang bener- bener ‘ga’ mirip sama jiplakannya ( Barat ).





Kenapa negara kita ini identik dengan kata plagiat? Karena kita terlalu mengikuti jalur trend dan ga mau ambil pusing. Nyontoh apa bukan, bukan hal penting lagi, yang penting covernya menjual. Malahan kadang kata ‘ya udahlah’ itu yang biasa kita dapetin dari komentar orang-orang yang sadar ama gimana copy cat nya negara kita ini. Lama-lama kata plagiat bakalan ngetem terus di image Indonesia, terus jadi status Negara kita deh.

So, What's next?



Jadi nasib bangsa kita bakalan kayak gini terus nih? Apa harus diubah? Mungkin elo yang bakal nentuin nanti gimana nasibnya perfilman Indonesia.



*Kalau ada salah kata, gue minta maaf ya.



(Dea)

2 komentar:

  1. buahahahahhahahaha anjrit ngakak gue ngeliat cover cinta tia maria. hahahahhahaa ayu azhari lagi yang main, cari ahh filmnya hahahahahha. nice post de. :)

    BalasHapus
  2. mungkin orang indonesia terinspirasi kali sama karya' luar dan skalian aja di jiplak..hhehehee.. dian..

    BalasHapus